PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khasanah, Luluk Uswatun (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LULUK USWATUN K.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Luluk Uswatun. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor Melalui Metode Directed Reading Activity (DRA) Berbantu Alat Peraga Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar IPA, metode directed reading activity, alat peraga, suhu dan kalor Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Dikarenakan siswa yang kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran dan juga siswa kurang mendapatkan metode pembelajaran baru saat pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) berbantu alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor pada siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor melalui metode pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) berbantu alat peraga pada siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga yang berjumlah 23 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85 siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran DRA berbantu alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Blotongan Kota Salatiga tahun 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 13% dan Siklus I ke Siklus II 44%. Hal ini dapat dilihat dari peroleh ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 30% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 43% siswa tuntas belajar dan Siklus II 87% siswa tuntas belajar. Maka Penelitian Tidakan Kelas ini dinyatakan berhasil, karena hasil ketuntasan siswa pada Siklus II diperoleh 87% sehingga telah mencapai indikator ketuntasan secara klasikal yaitu ?85% dari jumlah total siswa dalam satu kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 15:21
Last Modified: 12 Apr 2019 15:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item