Nurjanah, Puji (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE MODELING THE WAY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
puji nurjanah.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurjanah, Puji. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Metode Modeling The Way pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Modeling The Way Pembelajaran IPA di MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang belum menggunakan berbagai strategi atau metode pembelajaran aktif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru turutama materi gerak benda. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah 65. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode Modeling The Way dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas III MI M’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda melalui metode Modeling The Way pada siswa kelas III MI M’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa metode Modeling The Way pada materi gerak benda dilihat dari kondisi awal pada pra siklus sebelum penerapan metode Modeling The Way siswa yang tuntas dengan KKM 65 sebanyak 7 siswa (26%) dengan nilai rata-rata 54,33, kemudian pada siklus I setelah penerapan metode Modeling The Way siswa yang tuntas dengan KKM 65 meningkat sebanyak 18 siswa (67%) dengan nilai rata-rata 65,44 dan pada siklus II dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 65 sebanyak 24 siswa (89%) dengan nilai rata-rata 82,33. Hal tersebut telah mencapai KKM klasikal yang telah ditentukan yaitu ? 85% . kesimpulannya adalah penelitian tidakan kelas dengan metode Modeling The Way materi gerak pada siswa kelas III MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 15:24 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 15:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
View Item |