ANISAH, (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Memelihara Lingkungan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas III Semester I SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ANISAH 115-14-160 PGMI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Anisah.2018.Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Memelihara Lingkungan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas III Semester I SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Cooperatif Learning dan Tipe Think Pair Share Hasil belajar IPS di SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70.Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang. Dilihat dari keadaan di atas maka dapat diketahui metode yang digunakan masih kurang baik sehingga peserta didik masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternative yang dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik adalah model pembelajaran Cooperatife Learning Tipe TPS. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan pada siswa kelas III semester 1 SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun 2018/2019? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi memelihara lingkungan disekitar rumah dan sekolah di SD Negeri I Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali yang berjumlah 24 siswa meliputi 12 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaraan cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2018/2019. Kriteria ketuntasan minimal yang di tulis peneliti adalah 70, keberhasilan penerapan metode tersebut sesuai dengan indikator dari Siklus I ke siklus II 42%. Dengan uraian Siklus I 46% yang tuntas belajar 11 dari 24 siswa sedangkan siklus II 88% yang tuntas belajar 21 dari 24 siswa tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 15:38 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 15:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5356 |
Actions (login required)
View Item |