HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII di SMP N 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nafia, Umi Ifqah (2015) HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII di SMP N 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Umi ifqah nafiah_11111003.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profesionalisme guru SMP N 2 Tuntang, 2) kedisiplinan belajar sisiwa kelas VIII SMP N 2 Tuntang, 3) prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang, 4) pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang, 5) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang, 6) pengaruh profesionalisme guru dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP N 2 Tuntang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk profesionalisme guru dan kedisiplinan belajar, sedangkan prestasi belajar menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mengambil data nilai ulangan harian. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dan regresi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan ada pengaruh profesionalisme guru dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang tahun pelajaran 2014/2015. Hal itu di buktikan dengan hasil penghitungan statistik pada taraf signifikansi 1% menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel yaitu : 0,778 > 0,463. Hasil tersebut diuji kebenarannya menggunakan uji F dan diperoleh Fh sebesar 21,57, F tabel = 3,32. Jadi F hitung > F tabel, yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 04:30
Last Modified: 24 Feb 2016 04:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item