Pengembangan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B2 Roudlotul Athfal (RA) Al Amin II Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Isnaeni, Nurul (2019) Pengembangan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B2 Roudlotul Athfal (RA) Al Amin II Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Nurul I..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat belajar dalam mengenal huruf melalui media kartu huruf pada anak di RA Al Amin II Salatiga. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media kartu huruf dapat mengembangkan kemampuan Bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok B2 di RA Al Amin II Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelompok B2 RA Al Amin II Salatiga yang berjumlah 16 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes buatan peneliti. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat mengembangkan Bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok B2 Roudlotul Atflah (RA) Al Amin II Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase keberhasilan siklus I terdapat 3 anak yang telah mencapai kriteria tuntas dengan pencapaian kelas 52%. Siklus II diperoleh data 15 anak yang mencapai kriteria tuntas dengan pencapaian kelas 91%. Dari hasil data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan media kartu huruf dapat mengembangakan Bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok B2 RA Al Amin II Salatiga, dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan perkembangan yang ditetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai rata-rata 91% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 09:06
Last Modified: 13 Apr 2019 09:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item