Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Malaikat Melalui Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas XC SMK Tunas Harapan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Mahfudhatin, Na''imatun Bini (2019) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Malaikat Melalui Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas XC SMK Tunas Harapan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Na'imatun.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Iman kepada Malaikat pada siswa kelas XC di SMK Tunas Harapan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan peneletian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran tiga siklus, dengan metode Snowball Throwing, dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang digunakan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman kepada Malaikat pada siswa kelas XC SMK Tunas Harapan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan kelas pada pelaksanaan pembelajaran dengan tiga siklus. Berikut hasil penelitian tersebut menjelaskan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Pada pelaksanaan pra siklus memperoleh hasil data 4 siswa yang tuntas atau dalam persentase sejumlah 18,2%. Kemudian pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar 7 siswa yang tuntas atau dalam persentase 31,8%, sehingga dari data hasil belajar peserta didik dari pra siklus sampai siklus I mengalami peningakatan sejumlah 3 siswa. Hasil dari pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik 15 siswa yang sudah tuntas atau dalam persentase sejumlah 68,2%, dari data tersebut peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai dengan siklus II sebanyak 8 siswa. Pada siklus III diperoleh hasil belajar sejumlah 21 siswa yang sudah tuntas dari sejumlah 22 siswa yang ada atau dalam persentase sejumlah 95,4%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan telah berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 02:22
Last Modified: 13 Apr 2019 02:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5378

Actions (login required)

View Item View Item