STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

N, Deny Setyadi (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SAK FILE PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nugraha Deny. 2019. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Diponegoro Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Salatiga. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Mata pelajaran PAI termasuk pelajaran penting. Harapan orang tua peserta didik adalah supaya anak-anaknya dibina dan dibekali mengenai agama Islam agar kelak menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam yang dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga, 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoo Salatiga dan 3) Menetahui faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMK Diponegoro Salatiga serta sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1). strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga yaitu dengan melakukan pembiasaan dalam sekolah, menjadi tauladan yang baik untuk sebagai contoh bagi siswanya, berkolaborasi dengan minta bantuan guru lain dan siswa dalam pembelajaran agama di sekolah.2) Peningkatan motivasi belajar PAI siswa di SMK Diponegoro Salatiga pada pembelajaran PAI cukup meningkat dan berhasil, buktinya dengan banyaknya siswa yang bertanya ketika pembelajaran, mengerjakan tugas, waktu KBM siswa antusias, berdoa mulai pelajaran dan menutup. 3) Faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMK Diponegoro Salatiga adalah ada dua faktor, yang pertama faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri siswa tersebut dan yang kedua faktor eksternal yaitu faktor yang ada di luar diri siswa seperti guru, kepala sekolah dan sarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 12:11
Last Modified: 13 Apr 2019 12:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item