UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ MATERI ADAB TERHADAP ORANG TUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLENING PADA KELAS VIII MTS RAOUDLOTUL FURQON KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018 2019

Murahman, (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ MATERI ADAB TERHADAP ORANG TUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLENING PADA KELAS VIII MTS RAOUDLOTUL FURQON KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi Murahman.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Murahman.2019.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlaq Materi Adab Terhadap Orang Tua dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembimbing: Dr. Winarno, S, Si. M.Pd. Kata kunci: Student Facilitator and Explaning, Hasil Belajar, Akidah Akhlaq Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlaq Materi Adab Terhadap Orang Tua setelah diterapkannya Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas disebut juga Classroom Action Reasearch dengan menggunakan model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning dan metode pengumpulan data dengan Lembar kerja siswa pada siklus I dan II, Tes formatif dan Lembar pengamatan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan siswa tuntas 19 siswa dengan tuntas KKM 75 100%, Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil belajar Pra siklus ketuntasan belajar berjumlah 6 siswa atau 31,57% sedangkan tidak tuntas mencapai 13 siswa atau 68.43% dengan rata-rata nilai 68,36, sedangkan hasil belajar siswa siklus I pencapaian ketuntasan siswa hanya 14 siswa atau 73,68% dan tidak tuntas sebanyak 5 siswa atau 26,32% dengan rata-rata nilai 75,26 dan hasil belajar siswa siklus II sesuai dari harapan, pencapaian ketuntasan siswa memenuhi 19 siswa atau 100% dengan rata-rata nilai 84,26. Hal ini menunjukkan tindakan dalam penelitian berhenti pada siklus II, Karean target pencapaian siswa klasikal sama dengan atau lebih dari 85% sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:54
Last Modified: 15 Apr 2019 09:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item