Irawati, Heni (2019) PEMGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Irawati, Heni. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Small Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra.Sri Suparwi,M.A.. Kata Kunci: Strategi Small Group Discussion, Prestasi Belajar. Penelitian ini upaya untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan strategi small group discussion terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan strategi small group discussion pembelajaran Fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019? (2) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019? (3) bagaimana pengaruh penggunaan strategi small group discussion terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kabupaten Magelang, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup untuk variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya dengan nilai rata-rata ulangan akhir semester satu. Subjek penelitian sebanyak 85 responden yang di ambil secara acak. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan dilanjutkan dengan rumus korelasi product moment dibantu program SPSS Version 25.00 for Windows. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) Variabel strategi small group discussion dari 85 responden yang berada dalam kategori tinggi sebanyak 15 siswa atau 17,64%, kategori sedang sebanyak 55 siswa atau 64,70%, dan dalam kategori rendah sebanyak 15 siswa atau 17,64%. (2) Variabel prestasi belajarpada pelajaran Fiqih dari 85 responden yang berada dalam kategori tinggi sebanyak 58 siswa atau 68,23%, kategori sedang sebanyak 24 siswa atau 29,41%, dan dalam kategori rendah sebanyak 3 siswa atau 3,52%. Ada hubungan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi small group discussion terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019?. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi small group discussion terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019?” dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan harga hitung lebih besar dari tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu = 0,668> = 0.213.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 10:09 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 13:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5416 |
Actions (login required)
View Item |