PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Utami, Alisa (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALISA UTAMI.pdf

Download (732kB)

Abstract

Utami, Alisa. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Di SMP Negeri 2 Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural baik dari muatan pembelajarannya, pengelolaan pembelajarannya, dan lingkungan sekolahnya di SMP Negeri 2 Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2017/2018. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara terstruktur. Sedangkan untuk analisanya disajikan dalam kategori atau tema tertentu yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini pertama; bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dari muatan pembelajarannya di SMPN 2 Ngadirejo berisi beberapa muatan multikultural antara lain membekali anak pengetahuan dan pandangan yang berbeda, mengembangkan kecerdasan sosial siswa dengan memberikan pendidikan lintas agama, memahami realitas perbedaan dalam beragama dengan menanamkan kepedulian dan solidaritas terhadap komunitas agama lain, menanamkan kesadaran spiritual dengan cara mengirimkan siswa untuk ikut dalam sebuah keluarga, dan kepekaaan sosial pada anak didik. Kedua Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dari pengelolaan pembelajarannya di SMPN 2 Ngadirejo dapat dilakukan melalui strategi dengan berbagai ragam cara antara lain: Proses pendidikan di sekolah diusahakan menerapakan manajemen sekolah berbasis multikultural, mengembangkan suasana yang kondusif di sekolah, memenuhi kebutuhan semua unsur multikultural, mengembangkan komunikasi dan interkasi yang efektif antar warga sekolah, mengembangkan visi, misi, dan tujuan sekolah agar mendapat dukungan dari semua warga sekolah dengan memperhatikan aspek pluralitas, dan mengembangkan dukungan normatif. Ketiga, Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dari lingkungan sekolahnya di SMPN 2 Ngadirejo melalui beberapa program, antara lain dimensi integrasi isi/materi, dimensi konstruksi pengetahuan, dimensi pengurangan prasangka, dimensi pendidikan yang sama/adil, dimensi pemberdayaan budaya sekolah dan struktur sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 10:34
Last Modified: 15 Apr 2019 10:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item