KHABIBAH, IFADATUL (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MASYARAKAT VOKASI KERAJINAN TANDUK DAN KAYU UNTUK MENARIK MINAT PELANGGAN DI DESA PUCANG KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Ifadatul Khabibah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang: Strategi komunikasi persuasif yang digunakan masyarakat vokasi kerajinan tanduk dan kayu untuk menarik minat pelanggan di Desa Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Dengan rumusan masalah: (1) bagaimana strategi komunikasi persuasif masyarakat vokasi kerajinan tanduk dan kayu untuk menarik minat pelanggan di Desa Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang?, (2) bagaimana strategi komunikasi masyarakat untuk membentuk image desa vokasi kerajinan tanduk dan kayu di Desa Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang?, (3) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menarik minat pelanggan kerajinan tanduk dan kayu di Desa Vokasi Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang?. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti: Metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian yang menggunakan data alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dipaparkan berdasarkan klasifikasi sehingga tergambar pola atau struktur dari fokus masalah yang dikaji kemudian diinterpretasikan sehingga mendapatkan jawaban dari fokus penelitian tersebut. Hasil dari penelitian: Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan masyarakat vokasi kerajinan tanduk dan kayu untuk menarik minat pelanggan di Desa Pucang yaitu, mengembangkan produk kerajinan, penentuan harga, mendistribusikan produk di tempat-tempat kegiatan distribusi, promosi. Strategi untuk membentuk image desa vokasi kerajinan tanduk dan kayu di Desa Pucang yaitu, membangun kepercayaan konsumen, meyakinkan konsumen. Faktor pendukung dan penghambat yaitu, (1) Pendukung: adanya dukungan dari dinas terkait, potensi dan motivasi masyarakat, kepercayaan pelanggan, dan kemajuan teknologi. (2) Penghambat: adanya persaingan harga yang tidak sehat, SDM dan bahan baku terbatas, serta terbatasnya biaya promosi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 10:56 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5423 |
Actions (login required)
View Item |