Pratiwi, Norma (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LECTUREBINGO DAN MEDIA DEKAK PADA SISWA KELAS IV DI MI DARUL FALAH TAWANG 02 KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
siap print 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratiwi, Norma. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Melalui Model Pembelajaran Lecture Bingo dan Media Dekak Pada Siswa Kelas IV Di MI Darul Falah Tawang 02 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran lecture bingo dan media dekak dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di MI Draul Falah Tawang 02 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IV di MI Darul Falah Tawang 02 yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran lecture bingo dan media dekak dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di MI Draul Falah Tawang 02 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa tuntas sebanyak 10 siswa atau 66.67% dengan nilai rata-rata 69.33. Pada siklus II meningkat menjadi 14 siswa atau 93.33% dengan nilai rata-rata 82. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran lecture bingo dan media dekak pada mata pelajaran matematika materiFaktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di MI Draul Falah Tawang 02 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang mengalami peningkatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Lecture Bingo, Media Dekak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 11:56 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 11:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5427 |
Actions (login required)
View Item |