falah, Miftahul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII C SEMESTER II SMP NEGERI 3 SIMO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI MIFTAHUL FALAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Malaikat melalui metode Snowball Throwing pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Simo Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Salah satu penyebab rendahnya nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya guru dalam menguasai metode-metode dalam pembelajaran. Masalah pokok yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 3 Simo Boyolali tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C di SMP Negeri 3 Simo Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 24 siswa, dilaksanakan pada bulan Februari 2019 sampai dengan Maret 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individu siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu 70 atau ketuntasan secara klasikal siswa di kelas mencapai KKM 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Simo Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari 24 siswa sebelum diterapkannya metode Snowball Throwing yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa atau 50% dengan rata-rata 65,17. Kemudian setelah diterapkannya metode Snowball Throwing pada pembelajaran siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM meningkat menjadi 15 siswa atau 62,5% dengan rata-rata 70,67. Ini mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 21 siswa atau 87,5% dengan rata-rata 80,83. Jika dibandingkan hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan 25%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 07:57 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5449 |
Actions (login required)
View Item |