Afdlila, Fitria Nur (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
bagian awalll.pdf Download (5MB) |
Abstract
Afdlila, Fitria Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Permainan Tradisional Congklak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media Permainan Tradisional Congklak dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media Permainan Tradisional Congklak dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pembahasan dalam pelaksanaanpembelajaran Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang dapat disimpulkanbahwa, penerapan Permainan Tradisional Congklak sangat cocok untuk mata pelajaran Matematika Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang. Karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Standart KKM mata pelajaran Matematika 75. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu 17,85%, pada siklus I meningkat menjadi 39,00% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,28% siswa yang tuntas.Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melaluiPermainan Tradisional Congklak dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I MI Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 15:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 15:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5452 |
Actions (login required)
View Item |