NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU “SYAJAROTUL KAUN” KARYA IBNU ARABI

ARIYANTO, SLAMET (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU “SYAJAROTUL KAUN” KARYA IBNU ARABI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Slamet Ariyanto. 02 Oktober 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam Buku Syajarotul Kaun karya Ibnu Arabi. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Ghufron, M.Ag. Kata Kunci: Buku Syajarotul Kaun, Pendidikan Tasawuf. Ibnu Arabi adalah seorang ulama yang terkenal. Salah satu bukunya adalah Syajarotul Kaun. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai-nilai Pendidikan Tasawuf yang terkandung dalam buku Syajarotul Kaun karya Ibnu Arabi (2) Bagaiman relevansi nilai-nilai Pendidikan Tasawuf dengan konteks sekarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah buku Syajarotul Kaun, sumber data sekundernya adalah kitab-kitab dan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa nilai tasawuf yang ada dalam buku Syajarotul Kaun karya Ibnu Arabi menunjukkan bahwa tasawuf adalah penjelmaan dari ihsan. Dalam penafsirannya tasawuf mempunyai tiga aspek yaitu: tasawuf akidah, tasawuf ibadah, dan tasawuf akhlaki. Adapun tasawuf tersebut sangat dibutuhkan sebagai pedoman masyarakat saat ini yang belum mencerminkan perilaku akhlak tasawuf yang sesuai dengan tuntunan, menjadi pribadi yang berakhlak karimah. Dalam mencapai akhlak yang mulia baik disisi Allah, manusia harus berusaha melalui dua aspek: aspek perbuatan yang dilakukan oleh bathin (jiwa) yang berupa penyucian hati. Dan aspek perbuatan yang dilakukan oleh dhohir (anggota tubuh) yang berupa budi pakerti yang sesuai dengan tuntunan Al-Qu’ran dan Hadts. Nilai pendidikan tasawuf dalam buku Syajarotul Kaun bisa dibilang praktis dan berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Hadis. Yang dari setiap uraiannya disertakan dasar-dasar (dalil-dalilnya). Dengan demikian, memberikan motifasi untuk melaksanakan kebaikan baik itu dihadapan manusia maupun dihadapan Allah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 15:28
Last Modified: 15 Apr 2019 15:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item View Item