PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS DENGAN PEMANFAATAN TOPIK AIR MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 03 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sulaimah, Sulaimah (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS DENGAN PEMANFAATAN TOPIK AIR MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 03 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
5_6163180208930160761.pdf

Download (5MB)

Abstract

(Pengembangan Kemampuan Sains Dengan Pemanfaatan Topik Air Menggunakan Metode Bermain Pada Kelompok A Di RA Perwanida 03 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Peni Susapti, M.Si Kata Kunci : Kemampuan, Sains, Topik Air, Bermain, Anak Usia Dini. Kegiatan sains sangat diperlukan untuk anak usia dini karena anak belajar untuk mengajukan pertanyaan, menggali, melakukan percobaan, menemukan dan memperoleh keterampilan-keterampilan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains dengan pemanfaatan topik air menggunakan metode bermain pada Kelompok A Di RA Perwanida 03 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 15 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 15 anak memiliki kemampuan sains dengan kriteria baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sains dengan pemanfaatan topik air menggunakan pada anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bermain. Pada saat dilakukan observasi pra siklus, persentase kemampuan sains dengan pemanfaatan topik air menggunakan metode bermain anak yang sudah Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 20%. Pada Siklus I kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan 34%, yaitu 54%. Pada Siklus II kemampuan sains dengan pemanfaatan topik air menggunakan metode bermain anak yang sudah Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan 33%, yaitu 87%. Dengan perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan sains dengan pemanfaatan topik air pada anak Kelompok A dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 87%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:18
Last Modified: 16 Apr 2019 02:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5469

Actions (login required)

View Item View Item