PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI PART OF BODY MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JLUMPANG KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Islami, Dwi Virotul (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI PART OF BODY MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JLUMPANG KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dwi Virotul Islami_11510063.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jlumpang pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Part of Body melalui media gambar. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jlumpang tahun ajaran 2014/2015? Prestasi disini dilihat dari perhatian, keaktifan, dan nilai siswa. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dalam tiga kali siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajara n pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan Part of Body. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, umpan balik sebagai hasil analisis data yang didapat. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Jlumpang yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, a) Media gambar dapat meningkatkan perhatian, yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklus, siklus I ada 8 siswa (44.4%) tergolong kurang, 8 siswa (44.4%) tergolong cukup, dan 2 siswa (11.2%) tergolong baik. Pada siklus II ada 3 siswa (16.7%) tergolong kurang, 11 siswa (61.1%) tergolong cukup, dan 4 siswa (22.2%) tergolong baik. Pada siklus III tidak ada yang tergolong kurang, 5 siswa (27.8%) tergolong cukup, dan 13 siswa (72.2%) tergolong baik. b) Media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklus, siklus I ada 12 siswa (66.7%) tergolong kurang, 5 siswa (27.8%) tergolong cukup, dan 1 siswa (5.5%) tergolong baik. Pada siklus II ada 9 siswa (50%) tergolong kurang, 7 siswa (38.8%) tergolong cukup, dan 2 siswa (11.2%) tergolong baik. Pada siklus III sudah tidak ada siswa yang tergolong kurang, 11 siswa (61.2%) tergolong cukup, dan 7 siswa (38.8%) tergolong baik. c) Media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu terjadi peningkatan nilai pada setiap siklus, siklus I ada 5 siswa (27.8%) tuntas dari 18 siswa, pada siklus II ada 12 siswa (66.7 %) tuntas dari 18 siswa, dan siklus III ada 18 siswa (100%) tuntas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 06:25
Last Modified: 24 Feb 2016 06:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item