Peningkatan Hasil BelajarSejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Islam Periode Madinah dengan Pendekatan Survey Question Read Recited Review(SQ3R) Pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Kab. Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019

Setyowati, Wiwin (2019) Peningkatan Hasil BelajarSejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Islam Periode Madinah dengan Pendekatan Survey Question Read Recited Review(SQ3R) Pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Kab. Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WIWIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi nilai siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X AP 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom yang cenderung rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perlu adanya inovasi dalam pengembangan pendekatan pelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan Survey Question Read Recited Review(SQ3R)yang lebih menekankan pada pemahaman materi,pendekatan ini merupakan strategi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang didalamnya peserta didik diajarkan bagaimana menemukan pengetahuan baru, memecahkan masalah, berfikir kritis dan menciptakan kreatifitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan Survey Question Read Recited Review(SQ3R)dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Dakwah Islam Periode Madinah pada siswa kelas X AP 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Kab. Klaten Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian siswa kelas X AP 1 SMK Muhammadiyah 1 Jatinom yang terdiri dari 22 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu, tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan pendekatan pembelajaran Survei Queasion Read Recited Riview (SQ3R)36,36% (8 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 63,63% (14 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 59,09% (13 siswa) Sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 9 siswa (40,90%). Hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal belum berhasil karena hanya 13 siswa (59,09%) yang seharusnya dapat mencapai 85% dari jumlah keseluruhan siswa. Indikator keberhasilan secara klasikal belum mencapai 85% dari jumlah keseluruhan siswa, jadi harus dilakukan siklus selanjutnya yaitu siklus II pada waktu yang telah ditentukan. Siklus II, diperoleh nilai evaluasi yaitu 90,90% (20 siswa) tuntas dan 9,09% (2 siswa) belum tuntas. Perolehan nilai evaluasi siklus II telah mencapai nilai Ketuntasan Klasikal yakni lebih dari 85%. Selain hasil belajar siswa yang meningkat, keaktifan, kerjasama, rasa tanggung jawab mereka juga meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 09:49
Last Modified: 16 Apr 2019 09:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item