PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERHITUNGAN SKALAMELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ruhana, Risa Afria Ulfa (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERHITUNGAN SKALAMELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Risa Afria Ulfa Ruhana_11511019.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan matematis siswa pada mata pelajaran matematika tentang perhitungan skala. Rendahnya kemampuan matematis siswa disebabkan oleh proses belajar mengajar di kelas yang cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya mengikuti langkah demi langkah sesuai yang diajarkan oleh guru. Akibatnya ketika siswa dihadapkan pada suatu persoalan yang berbeda siswa akan kesulitan dalam memecahkan persoalan tersebut. Selain itu, kegiatan belajar yang dilakukan diwarnai dengan kegiatan individual, siswa bekerja sendiri dan tidak diperbolehkan melihat pekerjaan siswa lain, sehingga siswa yang pandai maupun kurang pandai akan tetap dalam kondisinya. Sehubungan dengan permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk memperbaiki mutu pembelajaran matematika di MIN Kebonan dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa terutama pada pehitungan skala. Penerapan metode Two Stay Two Stray diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa pun menjadi meningkat.Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dimana tiap siklus difokuskan pada materi tentang perhitungan skala dengan metode Two Stay Two Stray.penelitian ini dilaksanakan di MIN Kebonan dengan subjek penelitian kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa terutama pada materi perhitungan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan perhitungan skala.Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 15 siswa dari 20 siswa, dengan persentase ketuntasan sebanyak 75%., padahal yang diharapkan adalah ≥8 5% siswa dapat mencapai nilai ≥70.Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas bertambah menjadi 19 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 95%.Ini berarti bahwa dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat mencapai KKM.Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan, maka penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti metode Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 06:39
Last Modified: 24 Feb 2016 06:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item