Efektivitas Facebook sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2019)

QODRIYAH, ANZILATUL (2019) Efektivitas Facebook sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIK edit malam.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang : Efektivitas Facebook sebagai Media Dakwah (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2019). Dengan rumusan masalah : (1) Bagaimana penerapan Facebook sebagai media dakwah pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Institut Agama Islam Negeri Salatiga tahun 2019?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambatFacebook sebagai media dakwah pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Institut Agama Islam Negeri Salatiga tahun 2019?, (3) Bagaimana efektivitas Facebook sebagai media dakwah pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Institut Agama Islam Salatiga tahun 2019? Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti :Metodologi penelitian deskriptif kualitatif yakni suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Peneliti menggunakan jenis pendekatan Fenomenologi untuk menjabarkan fenomena pengalaman berdasarkan kesadaran yang terjadi pada individu dengan menggunakan teori Uses and Gratification. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara guna memperoleh dan menggali data secara jelas dan konkret tentang sesuai dengan objek. Dokumen yang dilakukan terdiri dari foto-foto yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian: Penerapan Facebook sebagai media dakwah dapatdilakukan melalui status atau kronologi, pesan atau inbox, dan grup dengan cara tertulis maupun cuplikan video. Faktor penghambat dakwah menggunakan Facebook yaitu tidak adanya jaringan dan hanya orang yang mempunyai akun saja yang dapat mengaksesnya. Sedangkan, faktor pendukungnya yaitu menghemat waktu, biaya serta dapat menjangkauaudiens dalam waktu bersamaan. Jadi, hasil penelitian efektivitas Facebook sebagai media dakwah (studi kasus mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga tahun 2019) menyatakan bahwa Facebook tidak efektif digunakan sebagai media berdakwah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:19
Last Modified: 16 Apr 2019 07:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item