Ikhsan, Rif an Zainul (2019) PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK DOSEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN PRODI PAI DI FTIK IAIN SALATIGA SEMESTER GENAP TA 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi rifan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ikhsan, Rif’an Zainul. 2019. Pengaruh Kompetensi Paedagogik Dosen Terhadap Kepuasan Pembelajaran Prodi PAI FTIK IAIN Salatiga Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd Kata Kunci: Kompetensi Paedagogik dan Kepuasan Pembelajaran Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kompetensi paedagogik dosen dengan kepuasan pembelajaran Prodi PAI FTIK IAIN Salatiga semester genap tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini hanya dibatasi untuk dosen luar biasa (DLB). Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan bersifat analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil kuesioner dosen yang berjumlah 22 orang dan mahasiswa yang berjumlah 176 orang, serta sumber sekunder yaitu berupa foto-foto terkait kegiatan belajar mengajar di kelas prodi PAI. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket terhadap sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tingkat kompetensi paedagogik dosen Prodi PAI FTIK IAIN Salatiga semester genap TA 2017/2018 termasuk dalam kategori sedang-tinggi, yaitu dengan persentasi antara 68.1818% - 90.13%. Kedua, Tingkat kepuasan pembelajaran di Prodi PAI FTIK IAIN Salatiga semester genap TA 2017/2018 termasuk dalam kategori sedang-tinggi, yaitu dengan persentasi antara 72.1591% - 86.9318%. dan yang ketiga, bahwa kompetensi paedagogik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pembelajaran prodi PAI FTIK IAIN Salatiga semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai signifikansi 0,000 < ? = 0,05”, dan nilai R Square sebesar 0.110 yang berarti bobot sumbangan efektifnya sebesar 11, 0%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 14:26 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 14:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5505 |
Actions (login required)
View Item |