PROFIL MADRASAH UNGGUL (STUDI DESKRIPTIF PADA MI MA'ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA) TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Faizah, Asalia (2019) PROFIL MADRASAH UNGGUL (STUDI DESKRIPTIF PADA MI MA'ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA) TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Asalia Faizah (23040150083).pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Profil Madrasah Unggul Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah profil MI Ma’arif Mangunsari kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai madrasah ibtidaiyah unggul, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai profil madrasah unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Profil MI Ma’arif Mangunsari kota Salatiga Tahun pelajaran 2018/2019 memiliki program unggulan: 1) Profil lulusan mengacu pada penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap mata pelajaran, yang terlebih dahulu KKM di tentukan masing-masing mata pelajaran, kelas dan guru, baru ditentukan KKM madrasah. 2) Profil kurikulum madrasah menerapkan kurikulum 2013. Dimana pengembangan muatan lokal yang digunakan Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris, kegiatan pengembangan diri dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler, kokurikuler dan kegiatan pembiasaan. 3) Profil Pembelajaran diberikan intruksi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran melalui rapat dan juga observasi oleh kepala madrasah. 4) Profil penilaian dilakukan dengan proses pengumpulan dan pengelolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dari awal pembelajaran, sampai satu pembelajaran selesai. 5) Profil pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses rekruitmen pendidik dilakukan dengan seleksi. Pembinaan kompetensi untuk peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan dengan mengirim guru mengikuti diklat, KKG setiap bulan, mengadakan pertemuan sendiri antar guru pararel tiap dua minggu sekali. Pengelolaan dilakukan dengan koordinasi antar pendidik dan tenaga kependidikan dalam setiap kegiatan. 6) Profil sarana prasarana penunjang proses pendidikan terbilang cukup, dilihat dari fasilitas yang diberikan serta pemeliharaan fasilitas yang tepat dan baik. 7) Profil pengelolaan madrasah dilakukan dengan cara menambah lokasi gedung madrasah.8) Profil pembiayaan madrasah memiliki sumber dana yang di dapatkan madrasah berasal dari masyarakat, pemerintah, dan usaha madrasah seerti kantin, koperasi dan antar jemput.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:07
Last Modified: 16 Apr 2019 15:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item