Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Miniatur 3 Dimensi Pada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Ulum, Jembrak, Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun 2018

Antari, Reigiana Dyah (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Miniatur 3 Dimensi Pada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Ulum, Jembrak, Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
i.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilitan yang dilakukan di MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Pabelan, Kabupaten Semarang ini merupakan upaya untuk meninkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi kelas IV. Rumusan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasi belajar siswa materi perkembangan teknologi transportasi kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Pabelan Kabupaten Semarang tahun 2018? Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Pabelan Kabupaten Semarang pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi. Jumlah siswa kelas IV ada 31 siswa meliputi 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang diperoleh pada tahap pra siklus dari 31 siswa dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah sebesar 60 diketahui hanya 11 (35,5%) siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 21 (67,74%) siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu sebanyak 28 siswa (90,32%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Serta adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap tahapnya, dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 32,24% dan dari tahap siklus I ke siklu II sebesar 22,58%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dengan media miniatur 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi siswa kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:41
Last Modified: 16 Apr 2019 08:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item