PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATAN UNTUK KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUN NAJIHIN KAUMAN LOR TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI

Ahmad, Surya Aditya (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATAN UNTUK KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUN NAJIHIN KAUMAN LOR TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIXS LO YA VERSI SURYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad, Surya Aditya.2018. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatan Untuk Kegiatan Ekonomi Melalui Model Problem Solving dengan Media Diorama pada Siswa Kelas IV Semester 1 MIMiftahun Najihin Kauman Lor Tahun Pelajaran 2018/2019. Dosen Pembimbing: Dr. Winarno S. Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Solving, Media Diorama. Penelitian ini merupakan upaya meningkatan hasil belajar siswa yang dilatar belakangi dengan adanya kenyataan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahun Najihin Kauman Lor, Kecamatan Pabelan dalam pembelajaran IPS tergolong masih rendah. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan model pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : Apakah penerapan Model problem solving dan media pembelajaran diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam serta pemanfaatan untuk kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV Mi Miftahun Najihin Kauman Lor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melaui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem solving dan media pembelajaran diorama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam serta pemanfaatan untuk kegiatan ekonomi mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum melakukan penerapan yaitu 7 siswa tuntas 12 siswa tidak tuntas atau 38,8% siswa yang memenuhi KKM dan sesudah penerapan Model problem solving dan media diorama yaitu pada siklus I sebanyak 11 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas atau 61,1% siswa yang telah tuntas, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 88,9% atau 16 siswa tuntas dan 2 tidak tuntas dari 18 siswa kelas IV dengan kritria ketuntasan minimal (KKM) 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2019 00:18
Last Modified: 17 Apr 2019 00:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item View Item