IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2018/2019

Rozy, Fachrul (2019) IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU DAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ROZY FIX OKE DI PDF.pdf

Download (990kB)

Abstract

ABSTRAK Fachrul Rozy. 2018. Implementasi Kompetensi Guru Dan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa Mi Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M. Pd. Kata kunci : Kompetensi Guru, Minat Siswa, Pembelajaran Matematika Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam mata pelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 di MI Islamiyah Kauman Kidul Salatiga tahun 2018/2019. 2) Untuk mengetahui minat siswa dalam pembelajaran matematika di MI Maarif Kauman Kidul Salatiga tahun 2018/2019. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kompetensi guru dan minat siswa dalam pembelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 pada siswa MI Kauman Kidul Salatiga tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman, dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru untuk kelas I pada kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian sudah bagus dan berjalan dengan baik sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, untuk kelas IV kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian sudah berjalan baik sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. 2) Minat yang ditunjukkan pada siswa kelas I sangat antusias, senang dan semangat. Namun berbeda dengan dengan kelas IV, minat siswa yang ditunjukkan antusias namun beberapa siswa yang kurang minat dengan pembelajaran matematika. 3) faktor pendukung kelas I yaitu aspek guru yang menyenangkan, pengadaan les, dukungan orang tua dan pemberian motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru harus mengkaitkan dengan mata pelajaran lain. Untuk kelas IV faktor pendukung adalah pembelajaran menggunakan metode jarimatika, pemberian motivasi dan penggunaan yang komunikatif, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang minat dalam matematika, perkalian tidak hafal dan kurang minat dalam belajar. ? Pengarang : a. Nama : Fachrul Rozy b. E-mail : fachrulrozy996@gmail.com Pembimbing : a. Nama : Dra. Siti Farikhah, M.Pd. b. E-mail : sitifarikhah61@gmail.com Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jumlah Hlm : 123

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:28
Last Modified: 18 Apr 2019 13:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item