PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL (Studi Kasus di Masjid Al-Jami' Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2019)

Amalia, Rizky (2019) PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL (Studi Kasus di Masjid Al-Jami' Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsweet.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Amalia, Rizky 2018 Pemanfaatan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus di Masjid Al-Jami’ Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2019) Skripsi. Salatiga: Jurusan PAI. Program Studi Pendidikan Agama Islam. SekolahTinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr.Winarno, S. Si., M.Pd. Kata kunci: Masjid, Pendidikan Islam, Pusat, dan Non Formal. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam nonformal di masjid Al-Jami’ Plupuh Kabupaten Sragen. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanapemanfaatan Masjid sebagaipusatPendidikan Islam Non Formal di Masjid Al-Jami’ Plupuh Kabupaten Sragen. Apadampakpemanfaatan Masjid sebagaipusatPendidikan Islam Non Formal di Masjid Al-Jami Plupuh Kabupaten Sragen bagimasyarakatsekitar.Apakah faktor penghambat dan pendorong dari pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam nonformal di Masjid Al-Jami Plupuh kabupaten Sragen. Penelitian ini termasuk jenis penelelitian kualitatif. Semua data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan pendekatan deskriptif-kualitatiif, dengan cara analisis menggunakan kata-kata untuk mengambil fakta, variabel dan keadaan yang didapat ketika penelitian berlangsung dan menjelaskan data-data yang didapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam ninformal di masjid Al-Jami’ Plupuh kabupaten Sragen tahun 2019 adalah dengan dijadikan tempat untuk beribadah, untuk belajar TPQ, Majlis Ta’lim, kajian ba’da subuh, tempat untuk kegiatan bulan ramadhan seperti tarawih, tadarusan serta tempat untuk pembayaran zakat, maupun agenda kegiatan-kegiatan besar lainnya. Faktor pendorong dalam pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam nonformal adalah antusias warga dalam memakmurkan masjid dengan cara mendukung kegiatan keagamaan yang ada serta berpartisipasi dalam kegiatan seperti pengajian, kajian ba’da subuh, mengikutsertakan anak merekan dalam TPQ, dan Majlis Ta’lim, tarawih, tadarusan. Faktor penghambatnya adalah kendala saat melaksanakan kegiatan seperti hujan deras sehingga masyarakat yang jamaah di masjid sedikit, dan anak-anak yang TPQ juga sedikit yang masuk untuk belajar ngaji, dan penghambatnya kurangnya guru TPQ yang mengajar ketika sore hari dikarenakan masih mempunyai tanggungan belajar disekolah, sehingga guru TPQ kurang dan murid-murid sedikit yang masuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2019 06:37
Last Modified: 18 Apr 2019 06:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item