HAKIM, ALI (2019) PROGRAM BELAJAR MALAM STUDI KASUS DI MTs MUHAMMADIYAH AL-MANAR DESA KENDUREN KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
pdf skripsi fiks.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hakim, Ali. 2018. Peran Guru Dalam Program Belajar Malam Di MTs Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Peran, Guru, Belajar Malam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Program Belajar Malam Di MTs Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Tujuan ini penulis ambil berdasarkan latar belakang siswa di MTs Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tersebut yang minat serta prestasi belajarnya masih kurang jika dilihat dari hasil nilai akademik siswa sebelum diprogramkannya belajar malam. Dengan ini penulis mengajukan beberapa pertanyaan yaitu: 1) apa itu program belajar malam yang diterapkan oleh sekolah. 2) Bagaimana proses pelaksanaan program belajar malam. 3) Bagaimana hasil dari program belajar malam bagi siswa. 4) Hambatan apa saja yang dialami dalam program belajar malam. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru pembimbing belajar malam dan siswa MTs Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Program belajar malam yang diterapkan MTs Muhammadiyah Al-Manar Desa Kenduren Kecamatan Wedung Kabupaten Demak adalah suatu bimbingan belajar yang dilaksanakan diluar jam sekolah yaitu malam hari untuk membuat minat belajar serta prestasi akademik siswa bertambah. 2) Dalam pelaksanaannya guru yang membimbing dalam program belajar malam bertugas sebagai fasilitator bagi siswa, sehingga dengan demikian siswa mendapatkan tambahan pembelajaran dari guru di luar kelas. 3) Hasil dari program belajar malam sangat memuaskan bagi siswa, dengan diadakannya program belajar malam membuat prestasi belajar siswa menjadi meningkat. 4) di dalam program malam masih ada kendala yang menjadi hambatan oleh semua subjek pelaku dalam program tersebut, yakni masalah waktu serta tempo pelaksanaannya yang terlalu banyak, sehingga menjadikan semua pihak dirasa ada kejenuhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Apr 2019 11:58 |
Last Modified: | 19 Apr 2019 11:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5540 |
Actions (login required)
View Item |