Miftakhurozaq, (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS DAN ENTREPRENEURSHIP DI MA NU HASYIM ASY’ARI 3 DAN MA NU MAWAQI’UL ULUM KABUPATEN KUDUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS MIFTAKHUROZAQ 12010160006 LENGKAP.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang dalam Membentuk Perilaku Religius dan Entrepreneurship di MA NU Hasyim Asy’ari 3 dan MA NU Mawaqi’ul Ulum Kabupaten Kudus. Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship di MA NU Hasyim Asy’ari 3 dan MA NU Mawaqi’ul Ulum Kudus yang dirinci ke dalam tiga pertanyaan penelitian; Pertama, bagaimana muatan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship, Kedua, pola implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship, Ketiga, dampak implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian Kepala MA NU Hasyim Asy’ari 3 dan MA NU Mawaqi’ul Ulum Kudus. Latar setting penelitian di dua lokasi berbeda yaitu MA NU Hasyim Asy’ari 3 di Desa Honggosoco Kecamatan Jekulo dan MA NU Mawaqi’ul Ulum di Desa Medini Kecamatan Undaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman kemudian dilakukan validasi keabsahan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian tesis ini menghasilkan deskripsi dan analisis: Pertama, muatan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship dimulai dari perumusan kurikulum madrasah, pengembangan komponen karakter, diterapkan melalui pembelajaran dan budaya karakter madrasah. Kedua, pola implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship dengan mengembangankan nilai utama Bagus, Ngaji, Dagang ke dalam komponen karakter, melaksanakannya melalui kegiatan budaya madrasah, pengembangan diri dan pelatihan life skill, kemudian ditindaklanjuti dengan program magang. Ketiga, Dampak implementasi pendidikan karakter Gusjigang dalam membentuk perilaku religius dan entrepreneurship menunjukkan respon yang positif ditandai dengan munculnya religiusitas, kemandirian, kreatifitas dan jiwa marketing peserta didik. Kata kunci: Gusjigang, Religius, Entrepreneurship
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | ?? PASCA-PAI ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Apr 2019 23:38 |
Last Modified: | 21 Apr 2019 23:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5543 |
Actions (login required)
View Item |