PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KETENTUAN WAKAF KELAS X MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI SMK-SPP DHARMA LESTARI PULUTAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abdurrohman, Mufti (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KETENTUAN WAKAF KELAS X MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI SMK-SPP DHARMA LESTARI PULUTAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
burning skripsi pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, bahwa di SMK-SPP Dharma Lestari Pulutan Kota Salatiga, selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI adalah metode ceramah yang mengacu pada 5W+1H. Metode ceramah menjadi pilihan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang proses pembelajaran yang ada di SMK-SPP Dharma Lestari Pulutan kota Salatiga. Salah satunya yaitu menerapkan metode problem solving pada pembelajaran, diharapkan hasil belajar siswa terus meningkat. Sebab pada metode problem solving ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK-SPP Dharma Lestari Pulutan Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan tes awal, penelitian tindakan ini didesain menjadi dua siklus dengan tiap siklus masing-masing 2 jam pelajaran (2 X 40 menit) yang meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama II siklus dapat disimpulkan bahwa: melalui penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai KKM yang telah ditentukan sekolah sebanyak 75. Pada pra siklus sebelum menggunakan metode problem solving ketuntasan siswa 43%, pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 67% (14 anak) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 33% (7 anak), sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 100% (21 anak). Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kels X SMK-SPP Dharma Lestari Pulutan kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:10
Last Modified: 22 Apr 2019 04:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item