UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Alifah, Nur (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DALAM MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fik fik.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada saat melakukan observasi dan interview dengan guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Muhammadiyah Suruh pada tanggal 2 Januari 2019 mengatakan bahwa dari jumlah siswa tersebut, kurang dari 50% atau sekitar 40% siswa bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan sesuai dengan kaidah tajwid, ada yang sudah bisa membaca al-Qur’an akan tetapi kaidah tajwidnya belum benar. Selain itu, banyak siswa yang kesulitan menghafal ayat dikarenakan tingkat kemampuan membacanya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode yanbu’a dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Suruh tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis/Musyafahah. Tujuan observasi adalah untuk membaca gambaran kondisi yang diteliti sebelum mendekomentasikan informasi yang di dapat, tujuan wawancara adalah untuk memperoleh informasi mengenai proses waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dokumentasi bertujuan untuk mengetahui keadaan nyata ketika membaca al-Qur’an secara langsung dan untuk mrndapatkan data tentang nama siswa, sedangkan tes tertulis/Musyafahah bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengikuti metode yanbu?a. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode yanbu’a dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dalam mata pelajaran PAI siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah suruh tahun pelajaran 2018/2019. Dilihat dari peningkatan presentase hasil kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 69,23% dan 8 siswa yang belum tuntas atau 30,77 % dengan rata-rata 72,20. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 88,47% dan 3 siswa yang belum tuntas atau 11,53% dengan rata-rata 80,5. Dalam hasil presentase pada siklus II ini sudah mencapai 88,47% siswa yang tuntas, maka siklus dihentikan dan dinyatakan penelitian berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2019 08:41
Last Modified: 23 Apr 2019 08:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item