Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Kepada Sesama Melalui Model Cooperative Learning dengan Metode Role Playing pada Peserta Didik Kelas VIIIB di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019.

Triyanti, Ika (2019) Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Kepada Sesama Melalui Model Cooperative Learning dengan Metode Role Playing pada Peserta Didik Kelas VIIIB di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada peserta didik kelas VIII B tahun 2018/2019. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat peserta didik yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. hal ini memungkinkan karena kurangnya penerapan metode yang tepat dalam pembelajaran akidah akhlak. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Metode Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Terhadap Sesama pada Peserta Didik Kelas VIII B di MTs Negeri 12 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 27 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui model cooperative learning dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 40,74 % atau sebanyak 11 siswa dari 27 peserta didik dengan nilai rata-rata kelas 61,85. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 81,48% atau sebanyak 22 siswa dengan nilai rata-rata kelas 73,70. Adapun pada siklus II terdapat 26 siswa atau 96,30% telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,88. Jadi pada pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 40,70% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 14.48%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 14:12
Last Modified: 03 May 2019 14:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item