Peningkatan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya melaui pendektan saintifik pada siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun pelajaran 2018/2019

Rahmawati, Isnaini (2019) Peningkatan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya melaui pendektan saintifik pada siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi full isnaini .r 23040150126.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 60. Hal ini dikarenakan guru kurang kreatif dalam menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya padasiswa kelas III semester 2 MI Ma'arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya melalui pendekatan saintifik padasiswa kelas III semester 2 MI Ma'arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga yang berjumlah 23 siswa meliputi 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 22% dan Siklus II ke Siklus III 8%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 61% siswa tuntas belajar, Siklus II 83% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 91% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas 9% (2 siswa) dalam siklus III akan diberikan latihan mandiri berupa remedial oleh guru supaya diharapkan seluruh siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 May 2019 08:06
Last Modified: 06 May 2019 08:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item