Muslimah, Amanatul (2019) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram Dengan Menggunakan Metode Think Pair and ShareKelas VIII B Di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
cover pengesahan.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram dengan menggunakan metode Think Pair and Share pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan pengamatan awal (Pra Tindakan) terhadaap proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa kelas VIII B cenderung pasif dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam belajar serta tidak terfokus pada materi. Maka penelitibersama guru ingin menerapkan metodeThink Pair and Share dalam kegiatan belajar mengajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram kelas VIII B SMP Negeri 4 Salatiga. Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan guru. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleksi.Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat diperbaiki pada siklus berikutnya. PTK dilaksanakan di SMP Negeri 4 Salatiga dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 24 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasilpenelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Think Pair and Share pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II yang telah memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dalam penelitian. Pada pra siklus nilai yang tuntas KKM adalah 17 siswa atau 42,5 % dan yang belum tuntas sebanyak 23 siswa atau 57,5 %. Sedangkan pada siklus I nilai yang tuntas KKM adalah 28 siswa atau 70 % dan yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 30 %. Pada siklus II nilai yang tuntas KKM adalah 40 siswa atau 100 % artinya seluruh siswa kelas VIII B telah melebihi nilai KKM. Karena indikator keberhasilan secara klasikal telah tercapai, maka penelitian dihentikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 May 2019 02:33 |
Last Modified: | 07 May 2019 02:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
View Item |