PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMATERI MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN MENJAUHI YANG HARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ummah, Sri Ulfatul Ummah (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMATERI MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN MENJAUHI YANG HARAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi ulfa.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana digunakan untuk memperbaiki praktek pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa VIII F yang berjumlah 27 siswa dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament mengalami peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu siswa yang tuntas sebanyak 19, 2%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 May 2019 01:53
Last Modified: 13 May 2019 01:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item View Item