PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN BEBAS DENGAN TEHNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL-ITTIHAD SEMOWO KEC. PABELAN KAB. SEMARANG TAHUN 2014/2015

kuncarani, dwi yan (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN BEBAS DENGAN TEHNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL-ITTIHAD SEMOWO KEC. PABELAN KAB. SEMARANG TAHUN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dwi Yan Kuncarani_11510011.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihad Desa Semowo Kecamatan Pabelan telah menggunakan metode ceramah dalam pelaksanaan pembelajarannya, tetapi cenderung kurang memperhatikan manfaat dari metode tersebut, akibatnya minat serta perhatian siswa rendah, begitu juga dengan prestasi belajarnya. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar manfaat teknik Mind Mapping mampu meningkatkan Prestasi siswa apabila digunakan sebagai tehnik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan teknik mind mapping. Data dalam penelitian ini diambil dengan observasi atau melihat perilaku siswa, dokumentasi, dan tes dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan bebas dengan teknik mind mapping pada siswa kelas V MI Al Ittihad Semowo Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun 2014/2015. Terjadi tingkat perhatian siswa yang meningkat, yang diperoleh Pada Siklus I siswa yang memperhatikan dengan baik ada 5 siswa atau 20.83%. siswa yang kurang memperhatikan ada 7 siswa atau 29.17%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 12 siswa atau 50.00%. Pada Siklus II siswa yang memperhatikan dengan baik ada13 siswa atau 54.17%. siswa yang kurang memperhatikan ada 5 siswa atau 20.83%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 6 siswa atau 25.00%. Pada Siklus III siswa yang memperhatikan dengan baik ada 18 siswa atau 75.00%. siswa yang kurang memperhatikan ada 5 siswa atau 20.83%, dan siswa yang tidak memperhatikan ada 1 siswa atau 4,17%. Terjadi peningktan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil evaluasi, yang diperoleh pada siklus I rata-rata pre test 12.5% sedangkan pada post tes adalah 20.83%. Dari hasil rata- rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 8.33%. Pada siklus II rata-rata pre test 29.16% sedangkan pada post tes adalah 54.17%. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus III rata-rata pre test 58.33% sedangkan pada post tes adalah 91.67%. Dari hasil rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 33.33%. Sampai siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai yang diperoleh pada nilai pre test dan post test setiap siklus. Meningkatnya nilai siswa ini memberi bukti bahwa hasil belajar siswa pada materi menulis karangan bebas meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:16
Last Modified: 26 Feb 2016 04:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item