ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH ARISAN SEPEDA MOTOR ( Studi Kasus pada BMT Amal Mulia )

Handayani, Dewi Lestari (2015) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH ARISAN SEPEDA MOTOR ( Studi Kasus pada BMT Amal Mulia ). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dewi Lestari Handayani_21310030.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua faktor tertentu yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Adapun indikator dalam faktor internal adalah indikator pembelajaran, persepsi, keyakinan & sikap, motivasi. dan faktor eksternal adalah indikator kebudayaan, kelas sosial, pribadi dan psikologi. Indikator-indikator tersebut memiliki dimensi yang luas artinya tiap indikator mempunyai pengaruh yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator tersebut terhadap keputusan pembelian nasabah di BMT Amal Mulia, baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory (penelitian penjelasan), yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi, pembelajaran, keyakinan & sikap dan motivasi terhadap keputusan pembelian nasabah di BMT Amal Mulia. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengu ji sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden dengan pengambilan sampel secara stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator persepsi (X1),pembelajaran (X2), keyakinan & sikap (X3) dan motivasi (X4) berpengaruh secara simultan dan secara parsial yaitu terhadap keputusan pembelian nasabah (Y) di BMT Amal Mulia. Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 46,212 ≥ F tabel sebesar 2,489 dengan nilai signifikasi p = 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,703 atau sebesar 70,3%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, variabel persepsi (X1) nilai t hitung sebesar -0,164 ≤ nilai t tabel 1,66 dan nilai p = 0,870 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, variabel pembelajaran (X2), nilai t hitung sebesar 0,992 ≤ nilai t tabel 1,66 dan nilai p = 0,324 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, variabel keyakinan & sikap (X3), nilai t hitung sebesar 4,975 ≥ nilai t tabel 1,66 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 berpengaruh signifikan, variabel motivasi (X4),nilai t hitung sebesar 5,207 ≥ nilai t tabel 1,66 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 berpengaruh signifikan, Untuk variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian nasabah (Y) adalah motivasi (X4) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 5,207 dengan kontribusi 520,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:21
Last Modified: 26 Feb 2016 04:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item