Utami, Tutut Amalia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IMAN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Tutut Amallia Utami revisi.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, Tutut Amallia. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Iman Kepada Nabi Muhammad Saw dengan Menggunakan Metode Student Facilitator And Explaining pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M. Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar Akidah Akhlak, Metode Student Facilitator And Explaining Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Dari data yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari jumlah siswa 22 hanya 14 siswa (63%) yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 68. Hal ini disebabkan oleh proses belajar mengajar siswa yang sangat pasif, banyak siswa yang tidak menghiraukan materi pelajaran Akidah Akhlak yang disampaikan guru. Penyebab lainnya dikarenakan sikap siswa yang kurang aktif, tidak memperhatikan, malas dan kurang percaya diri dalam menuangkan ide sehingga penguasaan materi kurang. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Student Facilitator And Explaining yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak materi iman kepada Nabi Muhammad Saw pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak materi iman kepada Nabi Muhammad Saw pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA dengan durasi waktu 1 jam pelajaran yaitu 45 menit dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dalam persen sebesar 63%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dalam pesen sebesar 77%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dalam persen sebesar 91%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: penggunaan metode Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi iman kepada Nabi Muhammad Saw pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 09:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 09:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5688 |
Actions (login required)
View Item |