NILAI – NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB KHULUQUNA KARYA HABIB UMAR BIN HAFIDZ

Furdayati, Siti Aina (2019) NILAI – NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB KHULUQUNA KARYA HABIB UMAR BIN HAFIDZ. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Aina Furdayati. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Khuluquna Karya Habib Umar bin Hafidz. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan, Akhlak Pendidikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pendidikan Islam. Kita ketahui negara Indonesia telah memasuki era modern dimana teknologi, informasi dan komunikasi telah berkembang dengan pesat. Tanpa adanya pendidikan akhlak, maka pembatasan penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi dapat berdampak negatif yang dapat merugikan seluruh lapisan masyarakat. Selain kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi pada era ini telah banyak cendekiawan yang masih menyampingkan pendidikan akhlak, dimana mereka masih meragukan nilai-nilai ajaran pendidikan Islam. Negara Indonesia merupakan negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam yang menjunjung tiggi multikulturalisme, maka penanaman pendidikan akhlak yang baik diharapkan dapat ditanamkan dan dilaksanakan di Negara Indonesia. Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting bagi manusia untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Khuluquna?, Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Khuluquna pada dunia Pendidikan Islam?. Setelah melakukan penelitian secara mendalam diharapkan peneliti dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Khuluquna dan relevansinya nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Khuluquna dengan pendidikan Islam saat ini Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Pengumpulan data dibag menjadi dua sumber yaitu data primer dan data sekuder. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deduktif, induktif, deskriftif, dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Khuluquna antara lain: bertaqwa kepada Allah SWT, istiqomah, shalat berjama’ah, bersyukur, cinta kepada Allah SWT, tawadlu’, menjaga keimanan, wara’, menyayangi dan mencintai sesama, menghormati sesama, menahan amarah, ikhlas, jujur, bershadaqah, memberi pendidikan akhlak, tidak menghina, intstropeksi diri, menahan hawa nafsu, bersungguh-sungguh dan mendalami ilmu pengetahuan. Sedangkan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Khuluquna dengan Pendidikan Islam dapat mejadi solusi dalam memperbaiki akhlak diberbagai bidang, khususnya menghadapi karakteristik zaman saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 11:57
Last Modified: 09 Sep 2019 11:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item