PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN KELAS III DI MI NURUL HUDA RAJI DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015

Dessi, Langga Cintia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN KELAS III DI MI NURUL HUDA RAJI DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Langga Cintia Dessi_11510089.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pokok bahasan hubungan antar satuan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III di MI Nurul Huda Raji Demak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang ditunjukkan dengan nilai sebagian besar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pokok bahasan hubungan antar satuan. Hal ini diduga dikarenakan kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Peneliti ingin mencoba menerapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian yang peneliti ambil adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan mengelompokkan siswa ke dalam kelompok untuk berpikir bersama dengan ciri utamanya penunjukan siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pokok bahasan hubungan antar satuan kelas III di MI Nurul Huda Raji Demak tahun ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa m ata pelajaran matematika pokok bahasan hubungan antar satuan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III di MI Nurul Huda Raji Demak tahun ajaran 2014/2015. Guna menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurul Huda Raji Demak yang berjumlah 25 siswa , terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga kali siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diambil melalui tes, wawancara, observasi, serta dokumenta si. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belaja r siswa mata pelajaran matematika pokok bahasan hubungan antar satuan kelas III di MI Nurul Huda Raji Demak tahun ajaran 2014/2015. Terbukti pada siklus I terdapat 8 siswa atau 34,78% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 49,13. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar ada 16 siswa atau 66,7% dengan nilai rata-rata 62,5. Pada siklus III terdapat 22 siswa yang tuntas belajar atau 91,67% dengan nilai rata-rata 85,20. Hasil belajar pada siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan sudah tercapai yaitu (91,67%) siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:41
Last Modified: 26 Feb 2016 04:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item