PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN MEDIA MAGIC CIRCLE PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Meirani, Sonia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN MEDIA MAGIC CIRCLE PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX SKRIPSI LENGKAP SONIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan upaya peningkatan hasil belajar pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III MI Ma?arif Kutowinangun Kota Salatiga. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah strategi everyone is a teacher here dan media magic circle dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III MI Ma?arif Kutowinangun Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2019. Penelitian dilaksanakan pada kelas III MI Ma?arif Kutowinangun dengan jumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI Ma?arif Kutowinangun Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan Media Magic Circle dapat memenuhi target pencapaian KBM 85% IPS jenis pekerjaan pada siswa kelas III. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS pada setiap siklus dan adanya pencapaian persentase hasil belajar IPS secara klasikal sudah melampaui batas capaian KBM. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 11,52 dengan nilai rata-rata 64,34 dan Siklus I 75,86. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 10,66 dari 75,86 menjadi 86,52. Tercapaianya target pencapaian KBM terbukti pada hasil dari Siklus II denga rincian; Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan persentase masih mencapai 65,21%, kemudian Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan sudah melampaui batas pencapaian secara klasikal yaitu 91,30%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 13:37
Last Modified: 09 Sep 2019 13:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item