Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sabda Cinta Karya Rudiyant

LARASATI, WIWIT SETYO (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sabda Cinta Karya Rudiyant. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISILARASATI2.pdf

Download (830kB)

Abstract

Larasati, Wiwit Setyo. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Sabda Cinta Karya Rudiyant. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Novel, Sabda Cinta Dewasa ini, banyak novel religius yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan Islam yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu karya sastra religius adalah novel Sabda Cinta karya Rudiyant. Novel yang menceritakan tentang suatu perjuangan cinta dan agama. Nilai agama yang sangat ditonjolkan dalam novel ini sehingga dapat menambah pengetahuan agama para pembaca. Novel ini merupakan suatu karya yang mengandung banyak hikmah dibalik cerita yang tersirat. Penulis tertarik meneliti mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sabda Cinta karya Rudiyant. Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi rumusan masalah yaitu tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sabda Cinta karya Rudiyant serta relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sabda Cinta karya Rudiyant dengan praktik pendidikan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan/library research. Pengumpulan datanya dengan cara mencari, mengamati, dan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan skripsi ini. Data yang digunakan data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan analisis isi/content analysis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sabda Cinta karya Rudiyant adalah nilai pendidikan akidah/keimanan, nilai pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan ibadah. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sabda Cinta karya Rudiyant dengan praktik pendidikan saat ini yang meliputi pendidikan akidah/keimanan, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pendidikan formal maupun non formal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 21:31
Last Modified: 09 Sep 2019 21:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item