Khotijah, Siti (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Dengan Alat Peraga Visual Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI KHOTIJAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Khotijah, Siti. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Alat Peraga Visual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Alat Peraga Visual, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya dengan alat peraga visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi Tata Surya. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu kurang efektif dalam menggunakan kurikulum 2013, dan kurang efektif dalam menggunakan alat peraga visual. Berdasarkan tersebut perlu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas melalui tiga siklus, setiap siklus memiliki empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang yang berjumlah 25 siswa meliputi 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian memaparkan alat peraga visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Tata Surya pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I dan Siklus II 12% dan Siklus II ke Siklus III 52%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 24% siswa tuntas belajar, Siklus II 36% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 88% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III diberi tutorial tentang materi pelajaran, latihan soal, dan ujian mandiri yang didamping oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 03:29 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 03:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5725 |
Actions (login required)
View Item |