Mufidah, Nurul (2019) Deskripsi Pembelajaran Hidroponik Antara Teori Dan Praktik Di Smp N 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Bab 1 revisike 15 fida bismillah 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi pembelajaran hidroponik yang ada di SMP N 9 Salatiga untuk menghadapi era industri (2) Potensi hidroponik untuk menghadapi era industri di SMP N 9 Salatiga. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri 2 kelas baik dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu kelas VII G dan kelas IX I, baik pembelajaran praktik maupun tidak praktik. Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan tanpa peran serta, wawancara pembicaraan informal, pendekatan menggunakan petunjuk umum wawancara dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian deskriptif kualitatif mengenai deskripsi pembelajaran hidroponik yang ada di SMP N 9 Salatiga, peneliti menemukan beberapa point diantaranya (1) Adanya dua kurikulum dalam satu sekolah, menyebabkan ketidak selarasan dalam pembelajaran dan menyebabkan adanya materi yang berulang. (2) Adanya ketidaksiapan guru dalam pembelajaran praktik hidroponik terlihat dari keluarnya guru di tengah-tengah pelajaran praktik hidroponik (3) Adanya kemauan siswa dalam pembelajaran hidroponik, di tandai dengan adanya minat dan aktifnya siswa dalam bercocok tanam dengan hidroponik. Sedangkan, mengenai potensi hidroponik untuk menghadapi era industri di SMP N 9 Salatiga, peneliti menemukan 2 faktor diantaranya mengenai (1) Kesiapan siswa di tandai adanya ide siswa untuk memberi ikan-ikan di dalam botol dan selalu mengecek setiap harinya pada tanaman hidroponik yang terpajang di lingkungan kelas sedangkan untuk guru kurang dalam persiapannya terlihat dari pembelajaran teknologi dan informasi yang hanya mempelajari tentang jendela google (2) Sarana Prasarana di sekolah yang kurang memadai di tandai dengan ketidak adanya kebun biologi di sekolah SMP N 9 Salatiga, namun hal tersebut malah meningkatkan daya kreativitas guru dengan adanya kolaborasi praktik pembelajaran hidroponik dengan pembelajaran ketrampilan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu murni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 03:35 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 03:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5728 |
Actions (login required)
View Item |