Pengaruh Media Flash Card Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Preposisi pada Anak Autis di Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatwati, Uli (2019) Pengaruh Media Flash Card Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Preposisi pada Anak Autis di Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ULI FATWATI (23040150034).pdf

Download (12MB)

Abstract

Anak autis adalah anak yang mengalami keterlambatan dalam aspek komunikasi, interaksi sosial, perilaku, emosi dan sensori. Media flash card merupakan media bergambar yang sederhana dan menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap peningkatkan kemampuan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi preposisi pada anak autis di Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject menggunakan desain A – B .Penelitian ini dilaksnakan 9 Kali.Subjek dalam Penelitian ini adalah seorang anak autis kelas 1 di Sekolah Autis Talenta Kids dengan jenis kelamin laki – laki dan berusia 6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, metode wawancara, metode tes, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif disajikan melalui grafik dan tabel dengan tujuan untuk menunjukkan perubahan fase, yaitu pada fase baseline dan fase intervensi. Hasil penelitian pada Fase baseline anak memperoleh peresentase kemampuan komunikasi yaitu 25%, 35%, dan 35%. Pada tahap dilakukannya intervensi dengan media flash card, tingkat persentase kemampuan komunikasi anak yaitu 52%, 67%, 65%, 77%, 82%, dan pada tahap yang terakhir yaitu dengan tingkat persentase mencapai 95%. Validitas dalam kemampuan komunikasi anak autis yang dilakukan oleh guru lain pada tahap I yaitu 92%, pada tahap II yaitu 92% dan pada tahap III yaitu 95%. Kemampuan komunikasi bagi anak autis oleh terapis wicara yaitu pada tahap I yaitu 90%, pada tahap II yaitu 92% dan pada tahap III yaitu 95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media flash card terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi preposisi pada anak autis di Sekolah Autis Talenta Kids tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:17
Last Modified: 10 Sep 2019 07:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item