Waehamah, Yasmee (2019) Implementasi Kurikulum Buranakan di Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Selatan Thailand tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
yasmeee.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Waehanah, Yasmee. 2019 Implementasi Kurikulum Buranakan di Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Selatan Thailand Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Asdiqoh, M. Si Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Buranakan Madrasah Azizstan merupakan sekolah yang memadukan antara pendidikan umum dengan pendidikan keagamaan. Implementasi kurikulum Buranakan merupakan upaya meningkatkan prestasi siswa baik secara sosial, emosional, dan religi. Implementasi kurikulum Buranakan di Madrasah mulnithi Azizstan Patani selatan Thailand diharapkan mampu membentuk generasi yang cerdas dalam ilmu pengetahuan serta memiliki akhlak mulia serta cakap dalam mengabdi kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap perencanaan di Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Selatan Thailand tahun pelajaran 2018/2019, 2) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap pelaksanaan di Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Selatan Thailand tahun pelajaran 2018/2019, 3) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap evaluasi di Madrasah Mulnithi Azizstan Patani Selatan Thailand tahun pelajaran 2018/2019. Dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang telah didapat kemudian dianalisiskan. Dimana sumber utama dalam penelitian dari pihak yang diwawancarakan adalah kepala Madrasa Mulnithi Azizstan, waka kurikulum, guru, dan siswa yang berada di madrasah Azizstan Patani selatan Thailand. Hasil penelitian ini adalah kurikulum Buranakan merupakan suatu produk dari usaha pengburanakan bahan pelajaran dari berbagai macam pelajaran. 1) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap perencanaan yaitu dalam proses perencanaan telah terlihat alur kurikulum dengan memburanakankan kurikulum yang dimiliki pemerintah dan kurikulum yang dimiliki Madrasa Mulnithi Azizstan sendiri, 2) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap pelaksanaan yaitu dalam proses pembelajaran kegiatan yang dilakukan masih dalam kegiatan pembiasaan dengan melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri, baik di dalam maupun di luar kelas, 3) Implementasi kurikulum Buranakan pada tahap evaluasi yaitu dalam proses evaluasi guru mengadakan ujian semesteran dengan menggunakan dua sistem evaluasi yaitu ujian tulis dan ujian praktek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 14:59 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 14:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5745 |
Actions (login required)
View Item |