PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI GARDEN MELALUI METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS II DI MI MIFTAHUL HUDA DESA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014/ 2015

Ribiyanti, Dias (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI GARDEN MELALUI METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS II DI MI MIFTAHUL HUDA DESA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014/ 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dias Ribiyanti_11510066.pdf

Download (589kB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan menjawab permasalahan “apakah penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun 2014/2015?” Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melaui tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi pre tes dan post test, lembar pengamatan dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggukan metode bernyanyi, dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II MI Miftahul Huda Desa Lopait Kecamatan Tuntang kabupaten Semarang. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu Pada siklus I nilai pre tes siswa yang telah tuntas yaitu 8 siswa. Dengan rata -rata kelas 47,69. Nilai dari post test siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa dengan rata-rata kelas 59,03. Pada siklus I peningkatan yang terjadi yaitu sebanyak 4 siswa atau 16%. Pada siklus II dari nilai pre tes siswa yang telah tuntas yaitu 10 siswa dengan rata-rata kelas 53,46. sedangkan hasil post test siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan rata-rata kelas 65,19. peningkatan dari pre test ke post test sebanyak 5 siswa atau 20%. Pada siklus III nilai pre tes siswa tuntas yaitu 18 siswa dengan rata-rata kelas 64,23. sedangkan hasil post test siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dari 26 siswa atau 96% dengan rata-rata kelas 82,50. peningkatan yang terjadi pada pre test ke post test sebanyak 6 siswa atau 24%. Pada siklus III terdapat 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan karena 2 siswa tersebut memilkiki keterbatasan dalam menerima materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 05:23
Last Modified: 26 Feb 2016 05:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item