Zakian, M. Ali (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENDORONG KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
smp islam wisuda.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Zakian, Muhammad Ali. 2019. Peran Guru Pendidikan Agama Isalam Dalam Mendorong Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan Keagamaan SMP Islam Sudirman 01 Tengaran, Semarang ayat 256. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahyudhiana, M.M.Pd. Kata kunci: Peran Guru PAI, Keaktifan Siswa, Kegiatan Keagamaan. SMP Islam Sudirman Tengaran, Semarang merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan sikap. Sebagai sebuah proses, pendidikan memerlukan kedisiplinan, Peran Guru PAI membentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal, yaitu : (1) Untuk mengetahui Peran Guru PAI mendorong keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Islam Sudirman 01 Tengaran Tahun 2019? (2) Untuk mengetahui problem dan solusi Peran Guru PAI dalam keaktifan siswa dalam melalui kegiatan keagamaan di SMP Islam Sudirman 01 Tengaran Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakuakan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Guru Pai diteliti yaitu Untuk mengetahui Peran guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa mengikuti kegiatan keagamaan, yang dilakukan oleh Guru PAI menggunakan sistem secara bertahap, Guru PAI selalu mengadakan sosialisasi atau RAKER (rapat kerja) mengenai kegiatan keagamaan di SMP Islam Sudirman, menghasilkan adanya kepatuhan, rasa kesadaran serta rasa tanggung jawab. Hasil temuan penulis dalam penelitian ini adalah guru sebagai sarana untuk memberikan pelajaran yang baik untuk peserta didik, seperti keikutsertaan guru dalam kegiatan keagamaan, agar siswa juga menjalankan kewajiban dan progam tersebut dengan baik. Aktif adalah pembelajaran model PAIKEM yang digunakan dengan memungkinkan peserta didik berinteraksi secara aktif dengan lingkungan, memanipulasi obyek tersebut. Agama adalah segenap kepercayaan kepada tuhan serta dengan ajaran kebangkitan dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan. Menghargai orang lain dalam menjalankan aktivitas dan ibadahnya selagi tidak mengganggu norma yang berlaku dalam masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 10:22 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 10:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5767 |
Actions (login required)
View Item |