PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA SISWA KELAS TIGA SEMESTER DUA MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Malik, Imam Fathul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA SISWA KELAS TIGA SEMESTER DUA MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
imamfatkhulmalik-skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Malik, Imam, Fatkhul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Materi Kegiatan Jual Beli Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Media Monopoli pada Siswa Kelas Tiga Semester Dua MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Urifatun Anis M.Pd.I. Kata Kunci :Hasil belajar; IPS; model Contextual Teaching and Learning (CTL); dan media monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kabupaten Semarang yang terdiri dari 31 siswa yaitu 9 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kabupaten Semarang) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual beli siswa kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pra siklus sebelum menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan media monopoli hanya 13 siswa (42%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan masih ada 18 siswa (58%) yang belum memenuhi KKM. Selanjutnya pada siklus I ada 20 siswa (65%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ada 11 siswa (35%) yang belum memenuhi KKM. Terakhir pada siklus II ada 28 siswa (90%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ada 3 siswa (10%) yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 12:56
Last Modified: 11 Sep 2019 12:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item