PEMBINAAN AKHLAK MELALUI PROGRAM TAKHASSUS PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH ROUDLOTUL FURQON, KEBUMEN, BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mu’arifa, Risalatul (2019) PEMBINAAN AKHLAK MELALUI PROGRAM TAKHASSUS PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH ROUDLOTUL FURQON, KEBUMEN, BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI,.pdf

Download (4MB)

Abstract

Akhlak mulia merupakan pondasi utama dalam pembentukan pribadi manusia. Untuk merealisasikan akhlak mulia dalam kehidupan, perlu adanya suatu pembinaan yang dilakukan secara terus menerus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan akhlak melalui program takhassus pada siswa Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru tahun pelajaran 2018/2019dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan akhlak melalui program takhassus pada siswa Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) Mengetahui pembinaan akhlak melalui program takhassus pada siswa Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru tahun Pelajaran 2018/2019 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak melalui program takhassus pada siswa Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang menjadi data primer Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, WAKA Kesiswaan, Ketua Program Takhassus, Guru Mapel Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawih Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru telah membina akhlak siswa melalui program takhassus, berikut yang menjadi hasil analisis peneliti; 1) Pembinaan akhlak melalui program takhassus diantaranya kesopanan dalam hal berpakaian, berbicara, bersikap kepada teman dan kepada guru. 2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak melalui program takhassus pada siswa Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Furqon, Kebumen, Banyubiru ini terdapat dua hal, yaitu: faktor pendukung; adanya kesiapan madrasah untuk pelaksanaan program takhassus, terjadinya komunikasi dan koordinasi yang baik antar sesama komponen, tanggapan positif dari beberapa siswa. Faktor penghambat; kepribadian individu peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:27
Last Modified: 11 Sep 2019 06:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item