PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V MI NU AL HIDAYAH PANCURAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Purwanti, Sri (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V MI NU AL HIDAYAH PANCURAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Sri Purwanti Khoirul Umah (0157).pdf

Download (4MB)

Abstract

Umah, Sri Purwanti Khoirul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Suhu dan Kalor Melalui Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Siswa Kelas V MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag, M.Si. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, SAVI, suhu dan kalor Hasil belajar IPA di MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan dalam melaksanakan pembelajaran IPA belum menggunakan berbagai gaya pembelajaran yang aktif dan masih bersifat konvensional. Kondisi tersebut menyebabkan siswa pasif, jenuh, bosan, dan berbicara sendiri dengan teman sebelahnya, sehingga siswa kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Gaya belajar siswa sangat mempengaruhi siswa dalam memahami matei pembelajaran, sehingga pendekatan pembelajaran yang guru pilih harus tepat dan dapat memfasilitasi semua jenis gaya belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor pada siswa kelas V MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi suhu dan kalor melalui pendekatan pembelajaran SAVI pada siswa kelas V MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang yang berjumlah 19 siswa meliputi 10 siswa laki-laki dan 9 siswa peempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 26% dan Siklus II ke Siklus III 21%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 42% siswa tuntas belajar, Siklus II 68% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 89% siswa tuntas belajar. Guru memberikan remidiasi kepada 11% (2 siswa) yang tidak tuntas belajar mandiri berupa latihan-latihan atau remidi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:19
Last Modified: 12 Sep 2019 07:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item